Pernika

Internet bisa dikatakan sebagai kebutuhan penting, dimana-mana orang memerlukan Internet baik untuk kebutuhan bisnis maupun kebutuhan sosial. Untuk seseorang jika masih berada di darat dengan mudah akan mendapatkan Internet baik melalui jaringan GSM maupun Wifi, namun bagaimana dengan orang-orang yang berada di kapal di tengah laut dimana sinyal GSM ataupun Wifi tidak ada, tentu akan menyulitkan bagi yang bersangkutan karena tidak bisa berkomunikasi dengan kerabat maupun rekan bisnis, komunikasi baru bisa terjadi setelah mendapatkan Internet di darat.

Manfaat Internet di Kapal

Internet dikapal mempunyai fungsi dan manfaat lebih, karena Internet dikapal selain untuk komunikasi di dalamnya juga berfungsi untuk keamanan kapal pada saat darurat. Contohnya sebagai berikut:

  • Pemilik kapal dapat berkomunikasi dengan crew kapal secara mudah serta dapat memonitor kondisi dan posisi kapal.  Awak kapal dapat secara real time melaporkan jumlah tangkapan ikan dengan informasi ini maka persiapan di darat juga akan lebih akurat yang akhirnya akan membuat efisiensi biaya operasional kapal.
  • ABK (Anak Buah Kapal) dapat berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat sehingga tidak merasa jauh dan dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja.
  • Bagi penumpang kapal, Internet dapat dipakai untuk berkomunikasi seperti layaknya di darat sehingga membuat perjalanan di kapal tidak membosankan.
  • Pada saat terjadi bencana di kapal misalnya kapal mau tenggelam, internet dapat membantu untuk mempercepat penanganan bencana.

Secara teknologi sebenarnya menyediakan Internet di kapal dapat dilakukan secara mudah, hanya perlu memasang perangkat internet seperti thales vesselink, Fleet Broadand dan lain lain. Setelah terpasang layanan Internet sudah tersedia dan bisa langsung digunakan.

Saat ini sudah ada kapal-kapal yang mempunyai fasilitas Internet, seperti kapal Pelni dan kapal Pertamina, hanya saja belum banyak kapal niaga, kapal ikan, ataupun kapal ekspedisi yang dimiliki swasta, yang mempunyai fasilitas internet. Ada beberapa faktor yang membuat kapal niaga swasta belum banyak menggunakan layanan internet di kapal antara lain karena  faktor belum mengetahui dan merasakan manfaat dari adanya internet di kapal. Semoga dengan berjalannya waktu makin banyak kapal di Indonesia yang mempunyai fasilitas internet.

Produk Internet Kapal Pernika

  • Thales Vessellink

    Merupakan produk dengan jaringan satelit iridium yang memiliki 66 satelit menjangkau seluruh permukaan dunia sampai kutub. Speed yang ditawarkan mencapai 700 kbps. Dengan Thales VesseLink anda dapat melakukan internet dengan lancar untuk web browsing, kirim email bahkan video call.
  • TracPhone V7-HTS

    Sistem HTS Global generasi baru – Revolusi Berkecepatan Tinggi dalam Komunikasi Maritim TracPhone V7-HTS berdiameter 3-gyro-distabilkan, 60 cm (24 inci) menawarkan konektivitas yang cepat dan mendunia melalui satelit generasi mendatang pada Jaringan HTS Broadband VSAT mini.
  • Iridium Pilot

    Dibangun untuk bekerja dalam kondisi yang sulit, Iridium Pilot® memberikan data broadband global dan konektivitas suara yang andal dalam satu platform berbiaya rendah, untuk menjaga kapal dan kru tetap terhubung saat mereka sangat membutuhkannya.

    Untuk produk lain anda dapat melihat di halaman produk kami. Atau jika anda membutuhkan bantuan tentang produk dapat menghubungi kami melalui kontak yang sudah disediakan atau bisa live chat dan whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =

Previous

Peran Fleet Manager Dalam Menjalankan “Fleet Management System” Bagi Perusahaan Anda

Next

Monitoring Kapal

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO