Pernika

Tantangan dan Solusi Pengiriman Data Telemetri Pada Transportasi Darat

transportasi darat

Mengelola kendaraan dalam jumlah besar merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi pemilik bisnis. Meningkatnya permintaan membuat mereka harus memutar otak untuk memaksimal produktifitas kendaraannya. Namun terkadang, kendaraan harus beroperasi di daerah-daerah yang tidak terjangkau jaringan terrestrial, sehingga pengiriman data menjadi terhambat.

Pengelola kendaraan ini membutuhkan data-data penting seperti data lokasi kendaraan, konsumsi bahan bakar, RPM kendaraan, suhu, dan lain-lain. Data tersebut akan diolah menjadi data analytic yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan.

Cara mengatasi masalah pengiriman data saat kendaraan tidak terjangkau jaringan terrestrial adalah dengan menggunakan jaringan satelit global. Yup, solusinya adalah dengan mengganti perangkat telemetri lama anda dengan perangkat telemetri baru yang didesain mampu menjangkau lokasi yang tidak terjangkau daerah terrestrial.

Sebuah perangkat telemetri dengan kemampuan mengirim data via jaringan satelit global, mampu membuat kendaraan anda dapat dengan mudah terpantau. Perangkat tersebut mengirimkan data ke sebuah cloud-server yang dapat diakses melalui aplikasi Command-Center Cakrawala milik Pernika. System ini biasa disebut dengan Fleet Management System. Sebuah system yang mampu menyuguhkan data untuk kebutuhan Analisa dalam mengambil keputusan.

Benefit Fleet Management System :

  1. Memaksimalkan pemanfaatan kendaraan secara optimal
  2. Menghemat dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar
  3. Memprediksi kapan waktu pemeliharaan
  4. Meningkatkan keselamatan pengemudi
  5. Melindungi keamanan kendaraan dari tindak pencurian

Perangkat Telemetri yang digunakan :

AssetPack3

Perangkat AP3 dikembangkan sebagai solusi pelacakan dan pemantauan sensor jarak jauh secara real-time. Dirancang sebagai perangkat Hybrid yang mampu bekerja di dua jaringan, yaitu jaringan GSM dan jaringan satelit. AP3 sangat cocok untuk armada yang lokasinya jauh dengan medan yang menantang seperti di daerah pertambangan maupun perkebunan.

Dilengkapi dengan baterai dengan pengisian daya menggunakan solar panel, membuat perangkat ini tidak memerlukan daya dari kendaraan. Solusi solar panel yang tersemat membuat anda bebas report untuk kurun waktu yang cukup lama, prediksi kami bisa tahan 5 – 10 tahun selama posisinya selalu mendapat sinar matahari di siang hari.

AP3 dirancang untuk dapat mengirimkan additional sensor selain GPS location. Tersedianya 2 port I/O , RS232, serta RS485, membuat perangkat ini bisa mengirim data-data penting dari sensor lain seperti konsumsi bahan bakar, temperature, RPM, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =

Previous

SOLUSI SYSTEM CONTAINER YANG TERINTEGRASI

Next

System Pengiriman Data Telemetri Pada Industri Perkapalan

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO