Pernika

Push To Talk sebagai sarana komunikasi militer serbaguna

Sistem komunikasi merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem kemiliteran. Melalui sistem komunikasi yang baik, maka jalannya perintah, target operasi, dan koordinasi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien sehingga misi dapat diselesaikan dengan sempurna. Pada era tahun 1980-an, alat komunikasi satelit militer adalah barang yang sangat mewah dan berukuran sangat besar. Untuk mengoperasikannya juga terhitung sulit dan merepotkan, karena membutuhkan generator dan antena berbentuk parabola yang besar.
Namun faktanya, dalam tubuh militer sangat dibutuhkan komunikasi kelompok yang cepat dan sederhana yang dapat digunakan diseluruh belahan dunia terutama dalam kondisi yang mendesak. Perkembangan teknologi membuat segalanya menjadi mudah, sehingga tentunya dibuatlah inovasi terbaru sarana komunikasi militer berbasis satelit.

Iridium sebagai perusahaan komunikasi satelit dengan cakupan suara dan komunikasi data global menciptakan Push to Talk sebagai solusi komunikasi dalam militer. Didukung oleh 66 satelit iridium yang mengorbit di LEO (Low Earth Orbit) dan 10 satelit cadangan, Iridium Extreme PTT dapat menjangkau darat, laut, udara dan termasuk daerah kutub. Iridium Extreme Push to Talk sendiri adalah perangkat komunikasi yang sangat cocok untuk kebutuhan komunikasi kelas militer yang membutuhkan kecepatan dalam pertukaran  informasi maupun data.

Fitur fisik dari Extreme PTT sangat sesuai dengan operasi militer, diantaranya adalah desain perangkat ringkas, ketahanan air-jet guncangan dan debu, loudspeaker audio yang tinggi, akses SOS di mode teleponyang dapat memberikan sinyal permintaan bantuan jika ada kondisi darurat di lapangan serta dilengkapi antena dengan penguat sinyal. Kecepatan komunikasi yang sebanding dengan radio darat (seluler terestrial) dan memiliki keamanan dengan standar enskripsi 256-bit termasuk dalam unsur penting pertahanan militer .

Jika dilihat dari segi kemudahannya, Iridium Extreme PTT adalah pilihan yang sangat tepat. Hanya dengan menekan 1 tombol, PTT akan terhubung langsung dengan perangkat PTT lainnya. Kemudahan lainnya yang dapat dirasakan adalah terdapat command center dimana mereka dapat menentukan luas jangkauan komunikasi dan dapat menentukan atau memilih siapa saja yang ada di dalam talkgrup. Lebih menariknya, mereka tidak perlu membeli alat komunikasi satelit lainnya karena Iridium Extreme Push to Talk dilengkapi dengan fungsi Satelit Telefon yang memiliki kemampuan dalam pengiriman pesan, dan email.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Iridium Extreme PTT adalah solusi cerdas yang menghadirkan kekuatan komunikasi militer secara global, cepat, sederhana dan serbaguna yang dilengkapi dengan telepon satelit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − two =

Previous

X5 Touch Ponsel Satelit Terpintar di Dunia

Next

Peran VMS Dalam Menjaga Laut NKRI

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO