Pernika

Mengenal Provider Telepon Satelit Terbaik di Dunia Versi PERNIKA

telphone satelit

Telepon satelit pada dasarnya bekerja seperti telepon pada umumnya, yang membedakannya adalah penempatan BTS (base transceiver station) berada di luar angkasa sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding dengan telepon GSM. Ada dua jenis telepon satelit yaitu telepon satelit genggam seperti handphone, dan telepon menetap seperti telpon rumah.

Cara kerja telpon satelit hampir sama dengan telepon GSM yaitu memancarkan sinyal kepemancar (di darat) ke telepon tujuan. sedangkan telepon satelit memancarkan sinyal ke pemancar yang berada di luar angkasa. Namun kondisi saat melakukan telepon harus menghadap ke langit langsung tanpa ada benda atau sesuatu yang menghalangi. Jika ingin melakukan panggilan dari dalam rumah atau gedung harus menggunakan antena external yang lokasinya berada di luar ruangan.

Ketika melakukan panggilan telepon, perangkat yang melakukan panggilan akan memproses data yang akan dikirim ke satelit yang lokasinya berada paling dekat dengan telepon tersebut. Satelit terdekat yang menerima signal panggilan tersebut akan menghubungkan ke telepon tujuan melalui sebuah gateway. Gateway tersebut akan meneruskan panggilan ke penerima, jika jarak penerima terlalu jauh dan gateway tersebut tidak berhasil menghubungkan telepon ke penerima, maka signal akan di kirim kembali ke satelit yang paling dekat sampai gateway mampu melacak dan menghubungkan telepon ke penerima. Proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung seberapa jauh jarak antara si penelepon dengan si penerima.

Perangkat telpon satelit dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika hal-hal yang dibutuhkan terpenuhi. Karena selain perangkat, telepon satelit juga membutuhkan airtime (pulsa), dan jaringan signal yang bagus. Jika salah satu hal tersebut tidak terpenuhi, maka telpon satelit tidak bisa bekerja dengan baik.

Dengan adanya teknologi satelit, seseorang dapat terhubung melakukan sambungan telepon meskipun didaerah terpencil, di tengah laut, dan dibelahan dunia manapun. Selain itu, jika terjadi bencana alam, telepon satelit akan tetap berfungsi dengan baik, karena jaringan satelit tidak terkena dampak bilamana terjadi kerusakan infrastruktur jaringan komunikasi di darat. Komunikasi rahasia juga dapat anda rasakan jika anda menggunakan jaringan satelit, seperti di dunia politik dan militer.

Provider Telepon Satelit

1. Iridium

telepon satelit Iridium

Provider layanan satelit iridium memiliki layanan komunikasi data dan voice, memiliki 66 satelit LEO (low eart orbit). Dengan satelit yang mengorbit di ketinggian 476 mil (780 km) dari bumi, iridium memiliki keunggulan di komunikasi suara. Selain itu dengan jumlah 66 satelit iridium menjamin jangkauan disetiap permukaan bumi baik di darat, laut, udara, bahkan sampai ke kutub. Satu satelit iridium mampu menampung 1000 panggilan, bekerja di frequency mulai dari 1618Mhz.

Kelebihan dari satelit iridium antara lain :

  • Menjangkau seluruh permukaan bumi baik darat, laut, udara bahkan sampai kutub
  • Memiliki kwalitas suara yang bagus
  • Mudah mendapatkan signal
  • Kemanan data komunikasi

Berikut contoh contok produk telepon satelit iridium rekomendasi dari pernika:

  • Iridium 9555
iridium 9555

Iridium 9555 memiliki banyak keunggulan dengan bentuknya yang mungil, bentuknya yang lebih nyaman ditangan, di lengkapi dengan antena yang disimpan secara internal. Bahan dasar yang tahan terhadap guncangan percikan air dan debu. Perangkat yang dirancang agar mudah dibawa kemanapun anda pergi. Selain untuk melakukan panggilan iridium 9555 juga mampu mengirim sms dan email.

  • Iridium Extreme 9575

Sesuai dengan namanya iridium extreme mampu bekerja di kondisi yang extreme, cocok untuk para petualang dan pasukan militer. Selain untuk panggilan telepon, sms dan email, iridium extreme juga dilengkapi dengan sos button untuk peringatan darurat. Ketika tombol sos ditekan perangkat secara otomatis mengirim pemberitahuan kepada no yang telah disetting sebelumnya. Fitur GPS yang mampu memberikan posisi perangkat, dan juga dapat digunakan untuk pelacakan online.

  • Iridium Extreme PTT

Dari segi bentuk dan fungsi sama dengan iridium extreme 9575, yang menjadikan spesial iridium ptt dilengkapi dengan fitur push to talk. Dimana perangkat ini mampu melakukan obrolan group. Seperti menggunakan Handy Talky (HT), kelebihannya PTT memungkinkan anda untuk melakukan obrolan group tanpa batasan jarak dan memiliki keamanan tingkat tinggi serta tarif yang murah. Hanya perangkat yang terdaftar dalam group yang bisa melakukan percakapan. Cocok digunakan untuk kerja team seperti daerah pertambangan, pasukan perang militer dll.

2. Thuraya

telp satelit thuraya

Perusahaan Provider satelit thuraya yang berlokasi di uni emirat arab memiliki  layanan data dan suara. Memiliki satelit yang mengorbit di GEO ( Geostationary Earth Orbit ) memiliki ketinggian 35.786 km (22.236 mil). Satu satelit thuraya mampu menampung sekitar 13.000 sambungan telepon diwaktu bersamaan. Satelit thuraya memiliki keunggulan tahan terhadap cuaca, dan mampu mengirim data dengan kapasitas besar. Beroperasi di dengan L-band 34 MHz bandwidth dari 1,525 GHz ke 1,559 GHz difungsikan untuk downlink (satelit-ke-bumi), untuk uplink (bumi-ke-satelit) beroperasi diantara 1,6265 GHz dan 1,6605 GHz.

Produk Telepon Satelit Thuraya:

  • Thuraya XT Lite

Telepon satelit yang mudah digunakan, dapat melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan SMS dalam mode satelit. Cocok untuk perjalanan mendaki gunung atau melintasi gurun, XT-LITE Thuraya adalah pilihan terbaik di pasar untuk membuat anda tetap terhubung dengan teman dan keluarga dengan harga yang terjangkau.

  • Thuraya XT Pro

XT Pro memiliki fitur yang canggih dilengkapi dengan sistem navigasi pilihan. Daya tahan baterai yang tahan lama mampu berbicara selama 9 jam dan 100 jam waktu siaga. Bahan yang kuat dan tangguh, bahan layar gorilla glass yang tahan terhadap gotesan dan tidak silau jika terkena sinar matahari. Tombol sos button yang berfungsi melakukan panggilan atau sms otomatis ke no yang telah di setting sebelumnya, bertujuan untuk menghubungkan anda dengan seseorang kita keadaan yang tidak diinginkan terjadi. Memungkinkan anda menggunakan layanan internet dengan menyambungkannya dengan laptop atau pc. Tersedia dengan dua versi XT PRO dan XT PRO DUAL yang support dual simcard yaitu satelit dan GSM.

  • Thuraya XT-5 Touch

Thuraya X5-Touch adalah ponsel satelit dengan fitur yang mirip dengan smartphone jaman sekarang. Ponsel yang tangguh dengan standar IP67 serta telah teruji untuk tahan terhadap guncangan, getaran, dan suhu ekstrem. Thuraya X5-Touch adalah  telepon hybrid dengan dual sim untuk telepon satelit & GSM, sehingga dapat digunakan diseluruh dunia. Ponsel satelit berbasis Android pertama di dunia yang menawarkan fleksibilitas tiada banding. Untuk pengguna yang sering masuk dan keluar dari cakupan terestrial di berbagai sektor pasar termasuk misi pemerintah, proyek energi, komunikasi perusahaan, dan penyebaran LSM, Thuraya XT-5 Touch menawarkan kecepatan konektivitas dan sederhana saat bepergian ke daerah terpencil yang biasanya berada di luar jangkauan smartphone.

3. Inmarsat

satphone inmarsat

Satelit Inmarsat merupakan satelit tertua asal britania yang mengudara di tahun 1976. Saat ini Inmarsat memiliki 13 satelit yang menjangkau seluruh permukaan dunia kecuali kutub. Beroperasi di frekuensi L-band, Ka-band dan S-band, satelit Inmarsat memungkinkan keluasan dan keragaman dalam memberikan pelayanan. Seperti Thuraya, satelit Inmarsat juga mengorbit di GEO (Geostationary Earth Orbit) dengan ketinggian 35.786 km (22.236 mil) di atas permukaan bumi.

Produk Telepon Satelit Inmarsat:

  • Inmarsat isatphone

Ponsel ini dirancang untuk dapat bekerja di berbagai kondisi. Tahan terhadap badai debu maupun kondisi hujan lebat, tahan panas hingga suhu 55C dan tahan dingin hingga -20C, juga kelembaban tropis hingga 95%. Untuk baterai anda tidak perlu khawatir, karena ponsel ini dilengkapi dengan 2 buah baterai dengan daya tahan yang sangat lama, 8 jam ketika bicara dan 160 jam ketika mode stand by. Yang paling menonjol dari ponsel ini adalah fitur SOS button dan tracking location.

Tabel Perbandingan :

Pengguna Smartphone Silahkan Scroll Ke Kanan Untuk Melihat Semua Isi Tabel

Satellite Phone TELP SMS Internet SOS PTT GPS DualSim Harga
Iridium 9555 V V V X X X X USD 1.725
Iridium Extreme 9575 V V V V X V X USD 1.966
Iridium Extreme PTT V V V V X USD 2.311

Sebelum anda membeli telepon satelit perlu dipertimbangkan kegunaan dan lokasi untuk penggunaan satelit tersebut. Pastikan lokasi terjangkau oleh jaringan satelit yang anda beli. Untuk melihat perbedaan tarif telepon satelit anda dapat melihat Di sini.

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + twelve =

Previous

Solusi Komunikasi Saat Bencana Alam

Next

Tarif Telephone Satelit

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO