Pernika

Personal Emergency Device : Penting Tapi Sering diremehkan!

personal emergency device

Apa itu Personal Emergency Device ?

Adalah perangkat pribadi canggih yang terhubung dengan satelit langsung. Fungsi alat ini ada 2, yaitu untuk komunikasi dan monitoring. Dimana alat tersebut mampu menghubungkan pengguna agar dapat terus berkomunikasi tanpa batas dan mengontrol/mengawasi operasi aset dengan jangkauan global.

Dalam beberapa kasus, terkadang seseorang sering dalam kondisi yang jauh dari jangkauan jaringan terrestrial GSM maupun fiber optic. Sehingga anda membutuhkan sebuah alat komunikasi yang tidak melalui jaringan terrestrial yaitu menggunakan jaringan satelit.

Namun secara fungsi, alat ini sangat tidak berguna bagi orang-orang yang hidup di daerah yang memiliki infrastruktur komunikasi yang memadai.

Yup, secara garis besar, alat komunikasi darurat yang dimaksud adalah alat komunikasi yang mengunakan jaringan satelit di angkasa.

Kenapa Harus Memiliki Alat Komunikasi Darurat ?

Dalam situasi normal, mungkin anda dapat mengesampingkan fungsi alat ini. Namun, dalam kondisi kritis seperti adanya bencana alam yang mengakibatkan jaringan komunikasi darat terputus, anda akan sangat bergantung pada alat komunikasi darurat. Anda bisa lihat ketika Gempa di palu beberapa waktu yang lalu, tsunami di aceh, badai katrina, dan banyak kejadian bencana alam lainnya di dunia yang secara langsung memutus jaringan komunikasi di darat.

Saat jaringan komuikasi darat terputus, satu-satunya jaringan komunikasi yang dapat digunakan adalah jaringan satelit. Para petugas medis dan relawan tidak dapat menggunakan telepon biasa dalam berkomunikasi. Maka dari itu, telepon satelit akan menjadi satu-satunya alat komunikasi suara yang dapat diandalkan dalam situasi tersebut.

Tidak hanya komunikasi voice yang dibutuhkan saat penanganan kondisi darurat. Koneksi internet juga sangat dibutuhkan dalam memberikan laporan berupa gambar maupun video. Lagi-lagi anda akan sangat membutuhkan koneksi internet yang terhubung dengan jaringan satelit diangkasa. Dibutuhkan internet portable yang mudah dipindahkan demi kelancaran operasional di daerah bencana yang penuh hiruk pikuk.

Tidak berhenti sampai disitu, dalam situasi critical yang tidak menentu, perangkat personal tracking menjadi alat darurat yang tak bisa diremehkan. Karena alat tersebut mampu melacak seseorang kapanpun dan dimanapun. Dan lagi-lagi personal tracking tersebut harus menggunakan jaringan satelit agar dapat mengirim titik koordinat.

Secara umum, terdapat 3 alat yang masuk dalam categori Personal Emergency Device yang sebaiknya anda miliki, yaitu Telepon Satelit, Portable Internet Satelilte, dan Personal Tracking. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing produk :

Telepon Satelit

telepon satelit iridium
(Photo Credit : Iridium Satellite Communication )

Tidak seperti ponsel biasa yang hanya bisa berkomunikasi dengan BTS tower yang dibangun di darat, telepon satelit mampu menangkap sinyal dari satelit di angkasa. Itulah sebabnya mengapa telepon satelit dirancang dan diciptakan sebagai Personal Emergency Device. Dimana telepon satelit menggunakan jaringan satelit yang tidak akan pernah down. Telepon satelit juga cukup populer dalam ekspedisi ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman di mana layanan seluler terestrial tidak efektif atau tidak tersedia.

Jaringan satelit dibangun dengan biaya yang tidak sedikit, sehingga menyebabkan harga perangkat dan pulsa telepon satelit jauh lebih mahal di banding dengan layanan seluler terrestrial.

Baca juga : Mengapa Perangkat & Pulsa Satelit Mahal

Portable Internet Satelit

portable internet satelit
(Photo Credit : Iridium Satellite Communication )

Jaman sekarang, Internet sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Namun, apa jadinya ketika anda berada di daerah terpencil atau di daerah terdampak bencana? Dimana seluruh jaringan internet di darat terputus akibat bencana yang melanda daerah tersebut. Inilah saatnya anda harus memiliki koneksi internet pribadi dengan jaringan satelit. Perangkat dengan versi portable bisa anda bawa kemanapun anda pergi, antara lain bganThuraya IP+ , iridium go dan lain lain.

Personal Tracking

personal trackingTeknologi personal tracking yang menggunakan jaringan satelit memungkinkan anda untuk melacak team anda yang sedang bekerja di remote area. Begitupun sebaliknya, jika anda seorang petualang yang ingin selalu diketahui keberadaannya oleh orang lain. Perangkat personal tracking selalu dilengkapi dengan tombol SOS yang berguna ketika anda dalam kondisi darurat. Anda cukup menekan tombol SOS, maka secara real-time lokasi anda akan diketahui oleh tim penyelamat yang akan menyelamatkan hidup anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 17 =

Previous

Alat Komunikasi Darurat Hadapi Lockdown Corona

Next

Solusi System Untuk Keamanan Laut Indonesia

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO