Pernika

Jenis dan peranan satelit Komunikasi

Seperti yang kita tahu, satelit alami yang dimiliki Bumi kita adalah Bulan. Tidak hanya satelit alami, bumi juga dikelilingi oleh beberapa satelit buatan yang beraneka ragam. Satelit buatan sendiri satelit yang dibuat oleh manusia diletakkan disuatu orbit menggunakan alat transportasi peluncur untuk fungsi tertentu, untuk komunikasi, pemetaan, alat pemantau cuaca dan lain serupanya. contohnya seperti satelit Palapa, Telkom, Garuda, Indostar dan banyak lainnya. (majalahpendidikan.com). Diantara satelit buatan yang tersebar mengelilingi bumi, satelit komunikasi adalah salah satu satelit yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah.(Wikipedia )
Dengan adanya satelit komunikasi, kita dapat menikmati tekhnologi yang ada saat ini. Mulai dari televisi, telephone dan sebagainya.

Jenis-jenis satelit komunikasi diantaranya :

  1. Low Earth Orbit (LEO)
    Satelit dengan orbit terendah dengan ketinggian 500-2000 km diatas permukaan bumi. Waktu yang digunakan untuk  mengelilingi bumi adalah 30 menit sampai 1 jam. Contoh dari satelit LEO ini adalah Iridium Satelit.
  2. Middle Earth Orbit (MEO)
    Satelit dengan orbit menengah dengan ketinggian 8000-20.000km dengan waktu revolusi 50-12 jam
    contoh satelit MEO adalah Telstar
  3. Geostationary Earth Orbit (GEO)
    satelit dengan orbit tinggi yaitu 35.786 km dari permukaan bumi dan waktu untuk berevolusinya adalah 24 jam . contoh satelit ini adalah Palapa Intelsat-7
  4. Highly Elliptical Orbit (HEO)
    satelit yang memiliki ketinggian 500-50.000 km dengan waktu rotasi 24 jam. Contoh satelit ini adalah Russian Monilya Systemdari semua jenis satelit komunikasi diatas, semuanya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Bayangkan jika ada satelit buatan tersebut, mungkin kita tidak bisa menonton televisi, mendengarkan siaran radio, melakukan komunikasi menggunakan telfon atau handphone bahkan pengunaan internet. Tekhnologi satelit juga digunakan ketika terjadinya bencana alam, dimana tidak ada jaringan satelit darat yang dapat berfungsi. Sehingga dapat disimpulkan, tekhnologi satelit ini telah membuat manusia kehidupan manusia tidak mungkin dalam ketiadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + nineteen =

Previous

Perangkat Tracking Portable dengan Sistem Pengelolaan Asset Global

Next

Mengenal AIS ( Automatic Identification System )

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO