Pernika

A

  • Actuator
    Sebuah tabung hidrolik dengan sistim baut ulir yg berputar yg berfungsi untuk menggeser posisi parabola.
  • ADC (Analog/Digital Converter)
    Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

  • ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
    Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
    ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

  • Asensio Rekta
    Asensio rekta, atau dalam Bahasa Inggris disebut Right ascension (RA), dengan simbol α, adalah istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. RA merupakan salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat ekuator. Koordinat lainnya adalah deklinasi. RA bisa dibandingkan dengan garis bujur, diukur dari titik nolnya yang berada di titik Aries atau titik vernal ekuinoks. RA diukur dalam jam, menit, dan detik; dengan satu jam sama dengan 15 derajat.

  • AM (Amplitudo Modulation)
    Jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.

  • Analog
    Bentuk dari komunikasi elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seperti televisi dan radio.

  • Analog Sinyal
    Gelombang elektromagnetik yang sinambung, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media dan jangkauannya jauh lebih besar daripada sinyal digital.

  • Antena
    Kawat atau seperangkat sistem kawat untuk memancarkan atau menangkap isyarat gelombang radio atau televise

  • Antena Parabola
    Antena parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik. Panjang gelombang energi (radio) elektromagnetik yang relatif pendek pada frekuensi-frekuensi ini menyebabkan ukuran yang digunakan untuk antena parabola masih dalam ukuran yang masuk akal dalam rangka tingginya unjuk kerja respons yang diinginkan baik untuk menerima atau pun memancarkan sinyal. Antena parabola berbentuk seperti piringan. Antena parabola dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Fungsi antena parabola yang umum diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit.

  • Amplitudo
    Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

  • ATSC
    Merupakan sistem penyiaran televisi digital yang diadopsi oleh Amerika Serikat, Meksiko dan Korea Selatan. Bisa dianggap ATSC merupakan digitalisasi sistem penyiaran NTSC saat ini yang dipakai oleh ketiga negara di atas.

  • Automatic Frequensi Control (AFC)
    Sebuah sirkuit yang secara otomatis mengontrol frekuensi dari sinyal.
  • Automatic Gain Control (AGC)
    Sebuah sirkuit yang secara otomatis mengontrol gain dari amplifier sehingga tingkat sinyal output hampir konstan untuk berbagai tingkat sinyal input.
  • Azimuth
    Ukuran sudut, letak bintang, verticality, tegak lurus, siku, ketinggian pemasangan, garis tegak lurus pemasangan.

B

  • B-Mac 
    Sebuah metode transmisi dan berebut sinyal televisi.  Dalam transmisi seperti MAC (Komponen analog multiplex) sinyal adalah waktu-multiplexing dengan ledakan digital berisi suara digital, sinkronisasi video, otorisasi, dan informasi.
  • Backhaul
    Sebuah saluran komunikasi terestrial yang menghubungkan stasiun bumi ke jaringan switching lokal atau pusat populasi.
  • Bandwith
    Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit
  • BASE
    Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.
  • Baseband
    Output sinyal dasar dalam frekuensi yang diperoleh secara langsung dari kamera televisi, penerima satelit televisi, atau perekam video tape.  Sinyal baseband dapat dilihat hanya pada studio monitor.  Untuk menampilkan sinyal baseband di televisi konvensional diperlukan penetapan “modulasi” terlebih dahulu untuk mengkonversi sinyal baseband ke salah satu saluran televisi VHF atau UHF.
  • Baud
    Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik.
  • Baud Rate
    Jumlah bit (digit biner) yang bisa dikirim oleh sebuah komputer per detik.
  • Beamwidth
    Dalam telekomunikasi, istilah beamwidth memiliki arti sebagai berikut:
    Dalam hal radio, pola antena, sudut antara setengah kekuatan (-3 dB) poin dari lobus utama, ketika dirujuk ke daya terpancar puncak efektif dari lobus utama. Catatan: Beamwidth biasanya dinyatakan dalam derajat. Hal ini biasanya dinyatakan untuk bidang horizontal, tetapi juga dapat diungkapkan dengan bidang vertikal.
  • BISS (Basic Interoperable Scrambling System)
    Adalah sistem pengacakan sinyal satelit yang dikembangkan oleh European Broadcasting Union dan konsorsium produsen hardware. Hal ini memungkinkan siapapun diperbolehkan melihat materi program (siaran televisi) hanya dengan menggunakan peralatan yang telah disetujui/disediakan. Transmisi Biss dilindungi oleh sebuah “session key” 12 digit disetujui oleh pengirim dan penerima sebelum transmisi. Kuncinya (key BISS) dimasukkan ke kedua encoder dan decoder, dengan kombinasi yang benar maka key inilah nantinya yang akan mendekripsi bagian dari enkripsi sinyal TV digital dan receiver.
  • Bit
    Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.
  • Bit error rate (BER) atau (Bit error ratio)
    Merupakan sejumlah bit digital bernilai tinggi pada jaringan transmisi yang ditafsirkan sebagai keadaan rendah atau sebaliknya, kemudian dibagi dengan sejumlah bit yang diterima atau dikirim atau diproses selama beberapa periode yang telah ditetapkan.
    Sebagai contoh, diasumsikan berikut ini urutan bit yang ditransmisikan:
    0 1 1 0 0 0 1 0 1 1,
    dan pada alat penerima akan menterjemahkan urutan bit sebagai berikut:
    0 0 1 0 1 0 1 0 0 1,
    Maka BER pada kasus ini ada 3 kesalahan penafsiran bit (yang digaris bawah) kemudian sebagai nilai BER yang dihasilkan adalah nilai kesalahan ini dibagi dengan sejumlah bit yang kirim yaitu 10 bit, sehingga didapatkan 0.3 atau 30%.
  • Bps (Byte per second)
    Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik
  • Brightnes
    Tombol pada monitor yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.
  • Broad Band
    Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.
  • Broad Band ISDN
    Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.
    Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).
  • Broadband Channel
    Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.
  • Broadcast
    Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.
  • Built-in
    Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.
  • Byte
    Informasi dengan panjang 8 bit.
  • Byte Mode
    Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.

C

  • Casing
    Wadah atau tempat melindungi
  • CATV
    Merupakan singkatan dari CAble TeleVision atau biasa kita sebut dengan TV Kabel.
  • CCTV
    Adalah penggunaan Video Camera untuk menampilkan gambar pada waktu dan tempat tertentu CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television, yang berarti menggunakan signal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan broadcast signal. pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri industri seperti : Militer, Airport, Toko, Kantor, Pabrik bahkan sekarang perumahan pun telah menggunakan teknologi ini.
    CCTV sebagai satu kesatuan system mepunyai beberapa perlengkapan yaitu :
    1. Kamera
    2. DVR (Digital Video Recorder)
  • Channel
    Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
  • Channel Service Unit
    Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.
  • Chip
    Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.
  • CIF (Common Intermediate Format)
    Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).
  • Client-Server
    Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima (data) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola data dan keamanannya (server atau mainframe).
  • Coaxial Cable
    Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.
  • Code-Decoder
    Alat yang mengubah data analog menjadi aliran bit-bit digital dan mengubah sinyal digital menjadi data analog.

  • Compatible
    Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.

  • Configuration
    Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.

D

  • D/A Converter
    Alat yang mengubah informasi digital ke dalam bentuk analog.
  • Data
    Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.
  • Data Rate
    Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik.
  • Decimal
    Sistem angka berbasis sepuluh (10) yang umum digunakan sehari-hari. Diawal penggunaan komputer, ada komputer yang disebut decimal machine karena di dalamnya menggunakan aritmatika desimal.
  • Decryption
    Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.
  • Default
    Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
  • Deklinasi
    Merupakan istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. Deklinasi merupalam salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat ekuator. Koordinat lainnya adalah Asensio rekta.
    Deklinasi bisa dibandingkan dengan garis lintang, yang diprojeksikan ke bola langit, dan diukur dalam derajat ke arau utara dari ekuator langit. Oleh karena itu, titik di utara ekuator mempunyai deklinasi positif, dan titik di selatan mempunyai deklinasi negatif.

  • Derajat
    Dapat berarti:
    Derajat (sudut), satuan pengukuran sudut.
  • Desibel= dB
    Adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu desibel ekuvalen dengan sepersepuluh Bel. Huruf “B” pada dB ditulis dengan huruf besar karena merupakan bagian dari nama penemunya, yaitu Bell.
    Desibel juga merupakan sebuah unit logaritmis untuk mendeskripsikan suatu rasio. Rasio tersebut dapat berupa daya (power), tekanan suara (sound pressure), tegangan atau voltasi (voltage), intensitas (intencity), atau hal-hal lainnya. Terkadang. dB juga dapat dihubungkan dengan Phon dan Sone (satuan yang berhubungan dengan kekerasan suara).
    Untuk mengukur rasio dengan menggunakan dB dapat digunakan logaritma.
    Penguatan\;daya=10log_{10}\left(\frac{P_o}{P_i}\right)\;dB
    Penguatan\;tegangan=20log_{10}\left(\frac{V_o}{V_i}\right)\;dB
    Penguatan\;arus=20log_{10}\left(\frac{I_o}{I_i}\right)\;dB

  • Digital
    Sinyal yang seperti pulsa, artinya antara bagian-bagian sinyal terlihat terputus-putus. Bagian yang di atas digambarkan sebagai 1 dan bagian yang di bawah digambarkan sebagai 0.

  • DiSEqC
    adalah protokol komunikasi khusus untuk digunakan antara perangkat satelit dan penerima seperti switch multi-dish atau rotol kecil pada antena.
    DiSEqC bergantung pada kabel koaksial untuk power atau mengirimkan data dua arah / sinyal. DiSEqC umumnya digunakan untuk mengontrol saklar dan motor, dan lebih fleksibel daripada 13/18 volt dan 22 nada kHz atau / ToneBurst MiniDiSEqC. DiSEqC juga kompatibel dengan aktuator yang beriguna untuk menggeser arah parabola jika digunakan dengan positioner DiSEqC.
    Beberapa jenis DiSEqC:
    * DiSEqC 1.0, yang memungkinkan switching untuk 4 pilihan satelit
    * DiSEqC 1.1, yang memungkinkan switching untuk 16 pilihan satelit
    * DiSEqC 1.2, yang memungkinkan switching untuk 16 pilihan satelit, serta fungsi motor kontrol.
    * DiSEqC 2.0, yang memungkinkan komunikasi dua arah ke DiSEqC 1.0
    * DiSEqC 2.1, yang memungkinkan komunikasi dua arah ke DiSEqC 1.1
    * DiSEqC 2.2, yang memungkinkan komunikasi dua arah ke DiSEqC 1.2

  • Dish
    Piringan parabola.
    *Mesh dish
    Piringan parabola yang strukturnya berupa anyaman atau jaring tembaga.
    *Solid dish
    Piringan parabola yang strukturnya berupa plat atau fiber.
  • DirecTV
    DirecTV adalah stasiun televisi satelit berlangganan di El Segundo, California, Amerika Serikat yang beroperasi sejak 1994.
    DirecTV dioperasikan oleh The DirecTV Group, dimiliki oleh Liberty Media.
  • Digital Video Broadcasting (DVB)
    Merupakan konsorsium dengan anggota lebih dari 270 yang terdiri dari stasiun televisi, pabrikan, operator telekomunikasi, pengembang perangkat lunak, badan penyiaran, dari sekitar 35 negara yang berkomitmen untuk menyusun standar penyiaran televisi digital. Kini standar penyiaran televisi digital DVB diadopsi oleh negara-negara Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Spanyol dan Swedia), Cina, Singapura, Taiwan dan Austraila.

E

  • Elevasi
    Ketinggian
  • Enabled
    Perintah yang mengijinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. Kebalikan dari disabled.
  • Encoding
    Proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan data.
  • Encryption
    Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.
  • Error
    Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

F

  • Feedhorn
    adalah batang/kepala antena yang digunakan untuk menyampaikan gelombang radio antara transceiver (pemancar dan penerima) dan reflektor. feedhorn juga memilih polarisasi gelombang yang akan diterima, yang membantu kelancaran sinyal dari sinyal yang tak diinginkan akibat jalur yang berdekatan dan transponder, dan dari satelit komunikasi lain pada posisi orbital dekatnya. Hal ini dapat berupa horizontal atau vertikal jika polarisasi linear, atau searah jarum jam atau berlawanan jika melingkar (juga disebut kiri dan kanan). perangkat tertentu juga dapat memungkinkan feedhorn untuk menerima baik linier dan melingkar, meskipun hal itu menyebabkan kehilangan sedikit untuk semua sinyal yang masuk.
  • Feet
    Kaki, linear unit setara dengan panjang 12 inci
  • Frequently Asked Question (FAQ)
    Sejumlah pernyataan yang paling sering ditanyakan mengenai suatu masalah atau topik tertentu. Bagian ini dilengkapi pula dengan jawaban atas suatu solusi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, sehingga membantu pengguna untuk lebih memahami masalah tersebut.
  • Frekuensi
    Jumlah getaran gelombang elektrik/suara per detik pd gelombang elektromagnetik
  • Frequency
    Banyaknya gelombang sinyal analog yang muncul dalam satu detik.
  • Fiber Optic Cable
    Kabel serat optik memiliki kelebihan mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi, bandwith sangat lebar dan tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik.
  • File
    File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang disesuaikan dengan posisinya dalam file.
  • Fitur
    Dari Feature, fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
  • FM (Frequency Modulation)
    Teknik modulasi yang menggunakan perubahan frekuensi sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital.

G

  • Gain
    Perbandingan antara banyak sinyal yang dikeluarkan dengan jumlah sinyal semula (yang dimasukkan).
    Antena gain berkaitan dengan intensitas antena dalam arah tertentu dengan intensitas yang akan dihasilkan oleh sebuah antena yang ideal, hipotetis yang terancarkan sama pada semua arah (isotropically) dan tidak memiliki kebocoran. Karena intensitas radiasi dari kekuatan antena isotropik tingkat kebocorannya sama dengan antena dibagi dengan 4π steradians sudut yang solid, kita dapat menulis persamaan berikut:
  • Gelombang Mikro (Micrwave)
    Gelombang mikro atau Mikrogelombang (microwave) adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz).Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada RADAR (Radio Detection and Ranging). RADAR digunakan untuk mencari dan menentukan jejak suatu benda dengan gelombang mikro dengan frekuensi sekitar 1010 Hz.
  • Grid
    Titik-titik dalam form yang berfungsi sebagai pemandu programmer dalam mengatur posisi dan ukuran komponen saat proses perancangan antarmuka suatu aplikasi program menggunakan bahasa pemrograman berbasis pixel.

H

  • Hertz (simbol: Hz)
    Adalah unit SI untuk frekuensi. Kata Hertz dipilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme.
    Hertz menyatakan banyaknya gelombang dalam waktu satu detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). Unit ini dapat digunakan untuk mengukur gelombang apa saja yang periodik. Contoh: Frekuensi dari gerak bandul jam dinding adalah 1 Hz.
    Kelipatan satuan untuk Hertz menggunakan sistem metrik yaitu kelipatan ribuan keatas berupa kilo, mega, giga. Sedangkan kelipatan kebawah menggunakan satuan ukuran seperti desihertz, sentihertz dan seterusnya.

  • Hight Definition TV (HDTV)
    Televisi resolusi tinggi atau high-definition television (HDTV) adalah standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV yang memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas dan dengan warna-warna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.

  • High-Definition Multimedia Interface (HDMI)
    High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

I

  • Indostar (Satelit Cakrawarta)
    Indostar atau Satelit Cakrawarta merupakan satelit penyiaran yang memberikan pelayanan jasa komunikasi (penyiaran) di daerah Asia, khusunya Indonesia. Ada dua macam satelit bernama Indostar, yang pertama kali diluncurkan bernama Indostar-1, yang kedua bernama Indostar II.

  • Indovision
    Adalah sebuah stasiun televisi satelit berlangganan yang diselenggarakan oleh PT. MNC Sky Vision. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1988 ini memulai memasarkan produk jasanya pada awal tahun 1994. Pada mulanya Indovision menggunakan jasa satelit Palapa C-2 untuk menggunakan transponder dan sistem broadcasting serta menggunakan analog dengan frekuensi C-Band.Namun, kemudian dirancanglah proyek pembuatan dan peluncuran satelit Indostar-1 atau yang kini lebih dikenal dengan nama satelit Cakrawarta-1 yang khusus menggunakan frekuensi S-Band dengan menggunakan dekoder dan antena parabola mini berukuran diameter 80 cm.

  • Infrared (Inframerah)
    Radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti “bawah merah” (dari bahasa Latin infra, “bawah”), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga “order” dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop

  • Inklinasi
    Adalah penyimpangan kedudukan sumbu bumi thd bidang datar sebesar 23,50 dan membentuk bidang ekliptika.
  • Instalasi (parabola)
    instalasi dapat diartikan sebagai pemasangan, instalasi parabola adalah suatu kegiatan memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah rangkaian tertentu sehingga berwujud menjadi sebuah piringan parabola.
  • Intensitas
    Istilah yang banyak digunakan untuk merujuk ke:
    * Kekuatan
    * Amplitudo
    * Derajat
    * Jarak
    Fisika:
    * Intensitas (fisika), daya per luas wilayah(W/m2)
    * Kekuatan bidang listrik, magnet, maupun elektromagnetik (V/m, T, dll.)
    Optik:
    * Intensitas radian, daya per satuan sudut benda (W/sr)
    * Intensitas cahaya, aliran cahaya per satuan sudut benda (lm/sr atau cd)
    * Iradiansi, daya per luas permukaan (W/m2)
    Astronomi:
    * Radiansi, daya per unit sudut benda per satuan daerah yang diproyeksikan (W·sr-1·m-2)
    Seismologi:
    * Skala intensitas Mercalli, ukuran dampak gempa bumi
    * Intensitas gempa bumi Badan Meteorologi Jepang, ukuran dampak gempa bumi
    * Akselerasi tanah puncak, ukuran akselerasi gempa bumi (g atau m/s2)
  • Interferensi
    Adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.Jaggies
    Suatu efek bergerigi yang timbul akibat dari teknik digital yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar. Efek ini terutama terlihat pada garis diagonal.

J

K

  • Ka-Band (Kurtz-above band)
    adalah pita gelombang mikro dari spektrum elektromagnetik dengan jangkauan antara 18 GHz – 40 GHz. Pita frekuensi Ka uplink memiliki jangkauan frekuensi antara 27.5 GHz – 31 GHz dan pita frekuensi Ka downlink memiliki jangkauan frekuensi antara 18,3 GHz -18,8 GHz dan 19,7 GHz – 20,2 GHz. Standar frekuensi ini dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Saat ini pita frekuensi Ka diaplikasikan untuk telekomunikasi satelit, antara lain untuk keperluan internet, video conference, video telephone, data broadcasting, voice (telepon) rural/remote area, tele-medecine, tele-education, SCADA, local television (broadcasting) satellite data relay services, Inter Satellite Links (ISL), news gathering dan PC Networks. Namun demikian sebagian besar aplikasi yang akan dilayani oleh pita frekuensi Ka adalah aplikasi Internet dan Multimedia.
    Satelit-satelit yang menggunakan pita frekuensi Ka antara lain:
    * PCG (Hongkong/Singapura)
    * Sirius 4
    * DirecTV 11
    * Nimiq 4
    * Hylas
    * Badr 5

  • Kabel
    Kawat (penghantar arus listrik) berbungkus karet, plastik, dsb

  • Kbit/s (Kilobits per Second)
    Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.

  • KBps
    Kilobytes per second.
  • Koordinat
    Bilangan yg dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dl garis, permukaan, atau ruang
  • KHz
    Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.
  • Ku-band (Kurtz-under band)
    Merupakan kelas pertama dari K-band. Ku-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz ( downlink frequencies) dan 14 hingga 14,5 GHz (uplink frequencies).
    Ku-band terutama digunakan pada satelit komunikasi, khususnya untuk penerbitan dan penyiaran satelit televisi. Ku-band juga digunakan untuk sinyal telepon dan layanan komunikasi bisnis.
    Ku-band dibagi ke dalam beberapa segmen yang bervariasi berdasarkan pembagian geografis yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU). Jaringan televisi komersil pertama yang secara luas menggunakan Ku-band sebagai media untuk cabang saluran uplink-nya adalah NBC, yaitu pada tahun 1983.

L

  • Latitude
    Garis lintang
  • LCD (Liquid Crystal Display)
    Adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.
    Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
    Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

  • LED (Light Emitting Diode)
    Sebuah lampu kecil yang digunakan sebagai penanda atau pointer.
  • Limit
    Dalam ilmu matematika limit adalah konsep fundamental dalam kalkulus dan analisis tentang perilaku fungsi-fungsi tertentu yang dekat dengan input.
  • LOF (Local Oscillator Frequency (LOF)
    adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghasilkan sinyal biasanya untuk tujuan konversi sinyal untuk keperluan frekuensi yang berbeda dengan menggunakan mixer. Proses konversi frekuensi, juga disebut sebagai heterodyning, untuk menghasilkan perbedaan jumlah frekuensi serta Local Oscillator Frequency (LOF) dan masukan frekuensi sinyal yang bagus.
  • Low Noise Block (lnb)
    Sebuah converter blok kebisingan yang rendah merupakan suatu paket elektronik dipasang pada antena parabola yang menerima sinyal gelombang mikro dari satelit yang memantul dari parabola. Fungsinya menerima dan memperkuat sinyal lemah, sehingga lebih kuat, penyaringan kebisingan, dan mengkonversi sinyal ke frekuensi yang lebih rendah, serta mengirimkan sinyal ke kabel koaksial utk selanjutnya disalurkan ke receiver (alat penerima) didalam rumah.
    jenis-jenis LNB:
    *LNBF
    LNBF (LNB dengan feedhorn), merupakan sebuah alat yang digunakan oleh Direct broadcast satellite (DBS) yang mengintegrasikan antena feedhorn dengan noise block converter rendah (LNB). diplexers kecil digunakan untuk mendistribusikan sinyal IF yang dihasilkan (biasanya 950-1450 MHz) ditumpangkan pada kabel coaxial yang membawa frekuensi rendah televisi terestrial dari antena luar. Diplexer lain kemudian memisahkan sinyal dari set TV dan penerima / decoder (IRD) dari kotak DBS set-top.
    *Universal LNB
    LNB universal dapat menerima polarisasi (Vertikal dan Horizontal) dan kisaran frekuensi di satelit Ku-band.
    Beberapa model dapat menerima kedua polarisasi secara simultan (dikenal sebagai LNB quattro dan digunakan dengan multiswitch) melalui empat konektor yang berbeda Rendah / Hor, rendah / Worm, tinggi / Hor, tinggi / Worm dan lainnya beralih (menggunakan vertikal dan 13 volt selama 17 atau 18 volt untuk horizontal) atau sepenuhnya diatur dalam  polarisasi mereka (yang relatif langka bahwa ini memerlukan polarisor terpisah dan ini juga bukan bagian dari spesifikasi LNB universal).
    Berikut adalah contoh spesifikasi LNB universal:
    *LO: 9,75 GHz / 10,6 (atau 10,75 jarang) (10,6 osilator GHz dipilih dengan menerapkan tune dari 22 kabel kHz)
    *Freq: 10,7-12,75 GHz (sedikit lebih besar untuk LO 10,75 GHz)
    *NF: 0,7 dB
    *Polarisasi: Linear
    *Standard North America Ku-band LNB
    Sebuah LNB dengan rentang frekuensi yang lebih kecil termasuk LNB dengan noise figure yang lebih baik dapat dihasilkan.
    Ku-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik pada rentang frekuensi gelombang mikro. Simbol ini mengacu pada “-K di bawah” (awalnya Jerman: Kurz-unten) band-dengan kata lain, band ini langsung di bawah-K. Dalam aplikasi radar, berkisar dari 10,95 ke GHz sesuai dengan definisi formal tata-nama radar pita frekuensi, Standar IEEE 521-2002 14,5
    Contoh spesifikasi:
    * Local oscillator: 10.75 GHz
    * Frequency: 11.7-13.2 GHz
    * Noise figure: 1 dB typical
    * Polarization: Linear
    *North America DBS LNB
    * Local oscillator: 11.25 GHz
    * Frequency: 12.2-12.7 GHz
    * Noise figure: 0.7 dB
    * Polarization: Circular
    *C-band
    C band adalah nama yang diberikan untuk bagian-bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik, berbagai panjang gelombang radio serta
    gelombang mikro yang digunakan untuk telekomunikasi jarak jauh. IEEE C-band  berisi berbagai frekuensi yang digunakan untuk kebanyakan
    transmisi satelit komunikasi. Untuk komunikasi satelit, microwave frekuensi C-band berperforma lebih baik dibandingkan Ku band (11,2 GHz sampai 14,5 GHz)
    frekuensi c-band digunakan oleh sebagian besar perangkat komunikasi satelit
    * Local oscillator: 5.15 GHz
    * Frequency: 3.4-4.2 GHz
    * Noise figure: ranges from 25 to 100 kelvins
    * Polarization: Linear
    *Dual/Twin/Quad/Octo LNBs
    Sebuah LNB dengan keluaran tunggal tetapi beberapa feedhorn untuk koneksi ke beberapa tuner (pada penerima terpisah atau penerima yang sama dalam kasus penerima PVR twin-tuner). Biasanya, dua, empat atau delapan keluaran disediakan. Setiap keluaran menanggapi tuner band dan pemilihan sinyal polarisasi independen dari keluaran lain dan “muncul” untuk memisahkan tuner ke LNB. Seperti LNB biasanya dapat memperoleh daya penerima terhubung ke salah satu output. output yang tidak digunakan dapat dibiarkan tidak tersambung (tapi tahan air untuk melindungi LNB secara keseluruhan).
    *Quattro LNBs
    jenis LNB yang khusus ditujukan untuk digunakan dalam instalasi piring bersama-sama untuk mengirimkan sinyal ke sebuah tuner. Quattro memiliki feedhorn LNB tunggal dan empat keluaran, masing-masing yang memasok salah satu sub Ku-band (band rendah / polarisasi horizontal, band tinggi / polarisasi vertikal, rendah / tinggi vertikal / horizontal) ke multiswitch multiswitch atau array, yang kemudian memberikan ke setiap sub-band tuner dihubungkan apabila dibutuhkan oleh tuner.
    *Monoblock LNBs
    Adalah unit yang terdiri dari dua LNB dan dirancang untuk menerima satelit berdekatan, biasanya 6 °. Sebagai contoh, di beberapa bagian Eropa, monoblock dirancang untuk menerima Hot Bird dan Astra 19,2 °E karena dapat menerima kedua satelit di piring tunggal tanpa memerlukan sebuah rotator yang mahal dan berisik. Sebuah keuntungan yang sama diberikan oleh LNB Duo untuk penerimaan sinyal secara simultan baik dari Astra 23.5 ° E dan Astra posisi 19.2 ° E
    *Jenis band dari gelombang elektromagnetik
    Berikut adalah jenis band dari gelombang elektromagnetik sebagaimana telah didefenisikan oleh Society of Great Britain (RSGB) atau Masyarakat Radio Inggris:
    L band    1 to 2 GHz
    S band    2 to 4 GHz
    C band    4 to 8 GHz
    X band    8 to 12 GHz
    Ku band    12 to 18 GHz
    K band    18 to 26.5 GHz
    Ka band    26.5 to 40 GHz
    Q band    30 to 50 GHz
    U band    40 to 60 GHz
    V band    50 to 75 GHz
    E band    60 to 90 GHz
    W band    75 to 110 GHz
    F band    90 to 140 GHz
    D band    110 to 170 GHz
  • Longitude
    Garis bujur

M

  • M2V
    Mobile TV

    M2V Mobile TV merupakan sebuah televisi berlangganan yang biasa ditonton di
    mobil. TV berlangganan ini memiliki lebih dari 20 saluran TV baik lokal maupun
    internasional.

  • Main
    Menu

    Pilihan program yg akan atau bisa dijalankan

  • Modem (MOdulation/DEModulation)
    Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
  • Movie
    Kumpulan beberapa scene. Movie berisi scene, object, effect, dan action karena semua unsure inilah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.
  • MPEG (Motion Picture Expert Group)
    Suatu standard dan format file untuk video bergerak.
  • Multipleksing
    Istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal. Contohnya, dalam elektronik, multipleksing mengijinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu analog-to-digital converter (ADC), dan dalam telekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel.
  • Multiplekser (MUX)
    Sebuah alat yang melakukan multipleksing dan alat yang melakukan proses yang berlawanan disebut Demultiplekser, (DEMUX).
  • Multi Sistem
    Suatu perangkat yg bisa dijalankan lebih dari satu sistim program.
  • Multi Screen
    Tampilan yg bisa menjalankan lebih dari satu layar program.
  • Multimedia
    Sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.

N

  • NTSC
    Sistem televisi analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, termasuk Amerika dan beberapa bagian Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakannya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950, yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.

O

  • OkeVision
    OkeVision diluncurkan sejak pada tahun 2005 di Jakarta oleh PT. Nusantara Vision, sebagai sebuah lembaga penyiaran berlangganan jasa penyiaran televisi melalui Satelit di Indonesia.
    Menggunakan Satelit Cakrawarta yang memungkinkan siaran OkeVision bisa diterima di seluruh pelosok wilayah nusantara.
  • Orbit
    Garis atau sumbu perputaran suatu benda

P

  • PAL
    Kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by lineatau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.
  • Parabola
    Antena televisi berbentuk bundar spt piring cekung yg dapat menangkap siaran jarak jauh
  • Palapa
    Nama satelit komunikasi sistem domestik yg dimiliki Indonesia
  • Pitch
    Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Umumnya, kalau jaraknya semakin dekat maka gambarnya jadi semakin tajam, jadi semakin rendah dot pitch semakin bagus.
  • Pixel
    Picture Element, elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut.
  • Plasma TV
    Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.
  • Platform
    Dasar penopang sistem kerja suatu perangkat.
  • Polarisasi
    Sifat pergerakan secara oscillasi dan menuju arah tertentu dan saling tegak lurus satu sama lain, serta tegak lurus terhadap arah rambatan.
    Beberapa macam / jenis polarisasi: polarisasi linear, polarisasi melingkar, polarisasi ellips. Gelombang dengan polarisasi melingkar dan polarisasi ellips dapat diuraikan menjadi 2 gelombang dengan polarisasi tegak lurus. Polarisasi linear terjadi ketika cahaya merambat hanya dengan satu arah yang tegak lurus terhadap arah rambatan atau bidang medan listriknya.

  • Positioner
    Sebuah perangkat yg berfungsi sebagai pengatur untuk menggerakkan suatu benda (baca: actuator)

  • Program
    Acara

Q

  • Quality
    Kualitas, Jika dihubungkan dengan Digital Receiver, Signal Quality berarti kualitas sinyal tertinggi yang berhasil ditangkap oleh receiver.

R

  • Radio
    Adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
  • Radio amatir
    Radio amatir adalah komunikasi dua arah melalui radio dengan status amatir yang telah diakui. Kegiatan Amatir Radio adalah kegiatan melatih diri dengan saling komunikasi dan penyelidikan teknik radio yang diselenggarakan oleh para amatir radio. Para amatir radio merupakan orang yang memiliki hobi dan bakat dibidang teknik elektronika radio dan komunikasi tanpa maksud komersial. Selain itu para amatir radio menggunakan radio amatirisme sebagai wadah dengan tujuan pribadi tanpa mencari keuntungan keuangan serta mendapat izin untuk mengoperasikan pesawat amatir radio. Makna amatir itu adalah seseorang yang menekuni suatu hobi tanpa dibayar, ia tidak dibayar untuk melakukan komunikasi, mempelajari lebih dalam lagi di bidang itu, dan tidak dibayar demi kepuasan dan kesenangan hatinya sendiri.
  • Radar
    Dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat , berbagai kendaraan bermotor dan informasi cuaca (hujan).
    Panjang gelombang yang dipancarkan radar adalah beberapa milimeter hingga satu meter. Gelombang radio/sinyal yang dipancarkan dan dipantulkan dari suatu benda tertentu akan ditangkap oleh radar. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan tersebut, pemantul sinyal dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang dapat juga ditentukan jenisnya. Meskipun sinyal yang diterima relatif lemah/kecil, namun radio sinyal tersebut dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat oleh radar
  • Receiver
    Sebuah mesin yang berfungsi sebagai perangkat untuk mengatur serta menjalankan suatu program channel digital

  • Resolusi
    Jumlah detail yang ditunjukkan dalam gambar atau layar.

  • Resonansi
    Dalam fisika, resonansi adalah kecenderungan sistem untuk berosilasi dengan amplitudo yang lebih besar pada beberapa frekuensi dari frekuensi yang lain.
  • RS 232
    RS-232 ( adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antara perangkat terminal data (bahasa Inggris: data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (bahasa Inggris: data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial.[1] Di dalam definisi tersebut, DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem walaupun pada kenyataannya tidak semua produk antarmuka adalah DCE yang sesungguhnya.[1] Komunikasi RS-232 diperkenalkan pada 1962 dan pada tahun 1997, Electronic Industries Association mempublikasikan tiga modifikasi pada standar RS-232 dan menamainya menjadi EIA-232.[2]
    Standar RS-232 mendefinisikan kecepatan 256 kbps atau lebih rendah dengan jarak kurang dari 15 meter, namun belakangan ini sering ditemukan jalur kecepatan tinggi pada komputer pribadi dan dengan kabel berkualitas tinggi, jarak maksimum juga ditingkatkan secara signifikan.[3] Dengan susunan pin khusus yang disebut null modem cable, standar RS-232 dapat juga digunakan untuk komunikasi data antara dua perangkat secara langsung.

S

  • Satelit
    Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan.
    1.   Satelit Alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya, Bulan adalah satelit alami Bumi.
    Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami Matahari.
    2.   Satelit Buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain, misalnya satelit Palapa yang mengelilingi Bumi.
    3.   Satelit Komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah.
    4.   Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat  di mana aplikasi teknologi lain seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin digunakan.
  • Scramble
    Teracak, mencampurbaurkan, memperkacaukan.
  • Scramble (Channel)
    Siaran televisi yang teracak dengan sistim enkripsi tertentu.
  • Serat optik
    Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

  • Setting
    Suatu program untuk menngatur atau merubah sebuah sistem

  • SHF (Super High Frequency)
    Adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz).. .
  • Simbol Rate
    Secara singkat bisa juga diartikan sebagai ‘kecepatan simbol’
  • Sinyal
    sinyal adalah besaran yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang, dan membawa suatu informasi. Sinyal disini biasanya berupa Sinyal Elektrik.
  • Skalar Ring
    Dudukan lnb pada bagian parabola
  • Slot
    Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard.
  • Spacetoon
    Spacetoon adalah sebuah stasiun televisi berjaringan di Indonesia dimiliki oleh Jaringan Penyiaran Televisi Anak Spacetoon Indonesia yang mengutamakan target penonton anak-anak. Stasiun televisi yang bekerja sama di bawah lisensi Spacetoon International ini mengudara di Jakarta (27 UHF), Bandung (30 UHF), Garut, Medan 43 (UHF), Surabaya (58 UHF), Malang, Kediri, Jember, dan Madiun. Selain melalui saluran Free-to-Air di 9 kota tersebut, Spacetoon Network Indonesia dapat ditonton melalui beberapa Jaringan Televisi Berlangganan seperti First Media, Jogja Media Net, dan jaringan Asosiasi Televisi Kabel Indonesia.
  • Spliter
    Pemisah atau Pemilah
  • Stasiun televisi
    Suatu stasiun penyiaran yang menyebarkan siarannya dalam bentuk audio dan video secara bersama-sama ke televisi penerima di wilayah tertentu.

  • Stereo
    Reproduksi dari suara, menggunakan lebih dari satu saluran audio independen, melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris, dengan cara menimbulkan suatu kesan suara yang lembut dan alamiah dari berbagai arah seakan-akan pendengaran alami. Suara stereoponis memiliki lawan suara monoponik, di mana suara berada dalam bentuk satu saluran, biasanya terletak di tengah-tengah medan suara.

  • Switch
    -Sakelar, Kontrol yang terdiri dari mekanik atau listrik atau perangkat elektronik untuk membuat atau melanggar atau mengubah sambungan di sirkuit.
    -Switch adalah sebuah alat yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding)

T

  • Teleconferencing
    Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.
  • Televisi
    Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. “Televisi” juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, rangkaian televisi atau pancaran televisi. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, “jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

  • Teresterial
    Komunikasi data menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Biasanya membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
  • Time-Division Multiplexing (TDM)
    Suatu jenis digital yang terdiri dari banyak bagian di mana teradapat dua atau lebih saluran yang sama diperoleh dari spektrum frekwensi yang diberikan yaitu, bit arus, atau dengan menyisipkan detakan-detakan yang mewakili bit dari saluran berbeda. Dalam beberapa TDM sistem, detakan yang berurutan menghadirkan bit dari saluran yang berurutan seperti saluran suara pada sistem T1. Pada sistem yang lainnya saluran-saluran yang berbeda secara bergiliran menggunakan saluran itu dengan membuat sebuah kelompok yang berdasarkan pada pulse-times (hal seperti ini disebut dengan time slot). Apakah yang menjadi ciri dari TDM yang tidak beraturan (kasar), adalah belum ditempatkannya time slot pada saluran-saluran ( channels ) yang telah ditentukan.
    Contoh penggunaan TDM
    * PDH dan SDH transmisi jaringan baku
    * GSM pada sistem telepon
    * Saluran kiri-kanan pada sebuah kacamata yang menggunakan cairan Stereoskopis Crystle
    TDM adalah rata-rata dari sinyal digital (sinyal analog yang membawa data digital) yang dapat dilaksanakan dengan alur transmisi tunggal dengan menyisipkan antar halaman bagian dari tiap sinyal pada waktunya. Penyisipkan dapat dilakukan pada bit atau blok bytes. Ini memungkinkan secara digital menyandi sinyal suara untuk dipancarkan dan diganti secara optimal dengan saklar sirkuit yang ada dalam sebuah jaringan. Artikel ini terdiri dari dua bagian yaitu Transmisi yang menggunakan TDM dan Synchronous Hirarki Digital ( SDH). Bagian yang pertama menguji prinsip dasar yang mendasari TDM, sedangkan bagian yang kedua mendiskusikan bagaimana SDH digunakan untuk mengganti tampilan TDM.
  • Tracking Satelit
    Melacak atau mencari untuk menemukan garis orbit satelit.
  • Transponder (TP)
    Saluran komunikasi satelit disebut dengan istilah transponder, karena masing-masing merupakan transceiver terpisah atau repeater.
    Dalam saluran televisi satelit biasanya dalam satu transponder berisikan data tentang frekuensi, simbol-rate serta polarisasi. Satu TP atau transponder biasanya berisikan satu atau lebih saluran chanel.
  • Tutorial
    Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.
  • TV Digital atau Siaran Digital
    Istilah tv digital sebenarnya bukan tv-nya yang digital melainkan lebih kepada sinyal yang dikirimkan yaitu sinyal digital atau siaran digital (Digital Brodcasting).
  • TV Kabel
    Sinyal televisi yg ditransmisikan ke rumah-rumah dng kabel dan dibayar secara berlangganan
  • TVRO
    Merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada penerimaan satelit televisi dari tipe satelit FSS, biasanya pada analog-C band, free-to-air dan tidak terhubung ke penyedia DBS komersial. Sistem TVRO mengandalkan feed dan tidak terenkripsi dengan menggunakan standar terbuka, sangat kontras dengan sistem DBS di daerah. Istilah ini jarang digunakan dalam beberapa kali karena mulai bersifat umum menuju sistem berbasis langganan, TV berbayar-dan layanan DBS seperti DirecTV, Dish Network, Bell TV, dan Sky TV, meskipun masih kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada penerima TV digital.

U

  • Ultra High Frequency (UHF)
    Frekuensi ultra tinggi. Merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal sebagai gelombang desimeter. Gelombang radio dengan frekuensi di atas pita UHF adalah super high frequency atau frekuensi super tinggi (SHF) dan extremely high frequency atau frekuensi ekstrim tinggi (EHF). Sedangkan sinyal frekuensi yang lebih rendah termasuk ke dalam very high frequency atau frekuensi sangat tinggi (VHF).
  • Uninstall
    Menghentikan atau menghapus program yang sedang dijalankan.
  • Upgrade
    Suatu kegiatan atau usaha untuk menjadikan sebuah perangkat atau software agar mempunyai kinerja yang lebih baik daripada versi sebelumnya
  • Uplink
    Up link adalah sinyal radio frequency (RF) yang dipancarkan dari stasiun bumi ke satelit. merupakan kebalikan dari kata ‘downlink’ yang berarti sinyal radio frequency (RF) yang dipancarkan dari satelit ke stasiun bumi.

V

  • Vertikal
    Kata lainnya lintang, spesifik digunakan untuk menyatakan posisi frequensi dari sebuah transponder/siaran

  • VHF (Very high frequency
    Atau frekuensi sangat tinggi) adalah frekuensi radio yang berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. Frekuensi langsung di bawah VHF ditandai frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi yang lebih tinggi berikutnya dikenal sebagai frekuensi ultra tinggi (UHF). alokasi frekuensi ini ditetapkan oleh ITU.
  • Voltase (Tegangan listrik)
    Adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi.
  •  VSAT (Very Small Aperture Terminal)
    VSAT kependekan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelit, suara dan sinyal video, tidak termasuk broadcast televisi. VSAT terdiri dari dua bagian, sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelit dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna, PC misalnya. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit. Satelit mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelit, membentuk sebuah topologi bintang (star topology). Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya, transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelit, setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain.
    Sistem ini mengadopsi teknologi TDM dan TDMA. Umumnya konfigurasi VSAT adalah seperti bintang.

W

  • Wavelength-division
    multiplexing (WDM)

    Salah satu teknologi multipleksing dalam komunikasi serat optik yang bekerja
    dengan membawa sinyal informasi yang berbeda pada satu serat optik dengan
    menggunakan panjang gelombang (warna) cahaya laser yang berbeda. Dengan ini
    dapat meningkatkan kapasitas dan memungkinkan komunikasi dua arah pada satu
    serat optik. Istilah wavelength-division multiplexing biasanya diterapkan ke
    ‘optical carrier’ (yang digambarkan berdasarkan panjang gelombangnya),
    sedangkan frequency-division multiplexing biasanya digunakan pada ‘radio
    carrier’ (yang digambarkan berdasarkan frekuensinya). Namun, karena
    panjang-gelombang dan frekuensi proporsional secara inverse, dan karena radio
    dan cahaya adalah bentuk dari radiasi elektromagnetik, kedua istilah ini
    serupa.

X

Y

Z

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO