Pernika

Peran Fleet Manager Dalam Menjalankan “Fleet Management System” Bagi Perusahaan Anda

fleet management system

Bagi perusahaan yang menggunakan banyak armada kendaraan dalam operasionalnya, mengoptimalkan Fleet Management adalah kegiatan bisnis yang mampu memberikan dampak positif yang signifikan. Dimana pemilik bisnis seringkali harus mengambil keputusan manajemen terkait armada yang sedang beroperasi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan tentunya terus berkembang, dan mebutuhkan banyak kendaraan. Di titik tertentu, seorang pemilik bisnis harus mempertimbangkan untuk memiliki seorang fleet manager untuk mengatur segala urusan armada dan memaksimalkan kinerja armada menjadi lebih baik.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa saja yang diperlukan untuk menjalankan operasi fleet management dan bagaimana memaksimalkan peran Fleet Manager. Tujuan kami menulis ini adalah untuk memberikan pemahanan yang kuat tentang Fleet Management, sekaligus menjawab pertanyaan, apa yang harus dilakukan seorang fleet manager?

Mengimpementasikan Fleet Management membutuhkan keahlian khusus dan cara berpikir yang luas, dan membutuhkan seseorang yang mampu beradaptasi dan berkembang di lingkungan yang serba cepat. Seorang manager armada hebat dapat dengan percaya diri membuat keputusan strategis berdasarkan data yang solid yang didapat dari platform fleet management system. Dampaknya, keputusan tersebut akan menghasilkan produktifitas operasional secara total dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan.

Apa Itu Fleet Management?

Secara singkat, Fleet Management dapat diartikan sebagai kegiatan mengelola kendaraan bermotor seperti motor, mobil, bus, truck, alat berat, kapal laut, maupun pesawat terbang. Dimana output-nya adalah, dapat memaksimalkan pemanfaatan kendaraan secara optimal, menghemat konsumsi bahan bakar, dan memprediksi kapan waktu pemeliharaan. Dengan output yang dihasilkan, seorang Fleet Manager berperan dalam membantu melatih pengemudi untuk meningkatkan keselamatan, mematuhi peraturan, dan bertanggung-jawab terhadap armada yang sedang dikendarainya.

Fleet Management bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan keselamatan bagi kendaraan dan pengemudi. Untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan kombinasi system yang mampu melacak posisi kendaraan, melaporkan konsumsi bahan bakar, memantau driver behaviour, dan manajemen pemeliharaan kendaraan. Semua fungsi beragam tersebut harus bisa dikelola dalam satu Software Fleet Management System.

Pentingnya Fleet Manager dalam mengatur banyak armada bagi perusahaan anda

fleet managerBagi sebuah perusahaan, biaya yang terkait dengan armada umumnya merupakan salah satu pengeluaran terbesar di perusahaan manapun yang mengandalkan armada kendaraan dan pengemudi untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka, sangat masuk akal bahwa Fleet Manager adalah salah satu posisi paling penting untuk bisnis dengan banyak kendaraan bergerak.

Fleet Manager memastikan armada anda dirawat dengan baik dan siap digunakan saat dibutuhkan, dan memastikan bahwa pengemudi harus mengemudi dengan aman sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk itu, Fleet Manager harus memiliki keterampilan khusus diantaranya :

  1. Pengetahuan teknis yang relevan dengan bisnis Anda.
  2. Beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan trend.
  3. Akrab dengan peraturan negara untuk kendaraan dan pengemudi komersial
  4. Mengedepankan prioritas bisnis (Business-oriented) dan memecahkan masalah untuk efisiensi biaya
  5. Memahami perawatan kendaraan dan memiliki strategi jitu untuk keselamatan pengemudi
  6. Kemampuan manajerial yang baik dalam mengelola kegiatan yang multitasking dan menggeser prioritas secara efektif

Meskipun Fleet Manager tidak harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki rem ataupun cara mengganti filter bensin, seorang Fleet Manager harus memahami apa saja yang dibutuhkan saat kendaraan butuh perbaikan. Ini akan sangat membantu perusahaan dalam meminimalkan anggaran dalam pemeliharaan kendaraan.

Begitu pula dalam pengaturan rute terbaik dan pemilihan pengemudi yang sesuai demi mendapatkan feedback positif dari pelanggan. Seorang Fleet Manager harus mampu beradaptasi dan berpikir cepat saat membutuhkan kendaraan untuk mengirim barang, namun kondisi seluruh kendaraan dan pengemudi tidak tersedia. Fleet Manager harus dengan cepat mengatur ulang jadwal operasi kendaraan agar operasional kendaraan perusahaan selalu optimal dengan pemilihan rute terbaik, sehingga waktu tempuh dapat di pangkas.

Berpikir “Business-Oriented”, Menjadi Syarat Mutlak Seorang Fleet Manager

business oriented

Ketika pertumbuhan armada bertumbuh semakin besar, tak hanya berpikir taktis, Fleet Manager juga harus cerdas dalam bisnis dan teknologi. Semakin banyak hal-hal kompleks yang menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Mulai dari mengintegrasikan data armada ke sebuah platform fleet management system, memastikan semua asset digunakan secara maksimal, hingga menganalisa data analitik yang berhubungan dengan pengunaan bahan bakar, perilaku pengemudi, hingga produktifitas operasional armada.

Berurusan dengan berbagai kepribadian sepanjang hari dan berurusan dengan orang-orang di berbagai divisi, seolah menjadi makanan sehari-hari seorang Fleet Manager. Dibutuhkan kecakapan komunikasi interpersonal yang baik dalam berkoordinasi, disamping pengetahuan teknis dan keterampilan berorganisasi.

Sehingga kemampuan manajerial seorang Fleet Manager menjadi hal yang sangat penting karena harus mampu berkolaborasi dengan berbagai divisi. Membangun hubungan kerja sama yang baik dengan semua fungsi internal dalam perusahaan yang terkait dengan fungsi armada. Memberikan ide kepada pemilik bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis dan bekerja untuk meningkatkan profit perusahaan dengan cara mengoptimasi biaya operasional armada serendah mungkin.

Fleet Management System

fleet management system

Dengan segala kerumitan dan masalah yang dihadapi seorang Fleet Manager di setiap harinya, dibutuhkan teknologi yang mampu menyederhanakannya. Dan jawabannya adalah teknologi Fleet Management System. Teknologi canggih yang manyajikan data-analytic secara real-time, membuat pekerjaan Fleet Manager secara eksponensial lebih mudah dalam jangka panjang. Sehingga memudahkan Fleet Manager untuk memberikan keputusan strategis dengan cepat dan akurat.

Teknologi Fleet Management System akan membantu anda untuk hal-hal sebagai berikut :

  1. Route Optimization

Berkembangnya teknologi data telematik dan perangkat lunak serta pemetaan GPS yang semakin canggih, menentukan rute terbaik dalam sebuah misi akan semakin mudah. Tak hanya menyederhanakan pekerjaan Fleet Manager, fitur ini akan meminimal resiko tersesat bagi pengemudi yang ditugaskan dalam satu misi tertentu. Karena pada saat tersesat, bahan bakar akan banyak terbuang dan waktu pengiriman menjadi lebih lama. Dampak positif yang didapatkan adalah, waktu tempuh bisa menjadi lebih singkat sehingga berimbas juga ke penggunaan bahan bakar.

  1. Predictive Fuel Consumption

Biasanya, bahan bakar menyumbang 1/3 dari biaya operasional kendaraan anda, ini bukan sesuatu yang bisa di anggap enteng. Pengeluaran berlebihan biarpun dalam jumlah kecil, jika terjadi setiap hari, akan mengurangi profit bisnis Anda. Manajemen penggunaan bahan bakar yang buruk akan berdampak negatif akan mengancam kelangsungan bisnis Anda. Ada fitur ini setidaknya Anda dapat memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk bahan bakar dan menghindarkan dari tindak pencurian bahan bakar oleh pengemudi.

  1. Driver Behaviour Management

Sistem pelacakan armada canggih dapat membantu Fleet Manager dalam memonitor kecepatan, pengereman mendadak dan akselerasi yang cepat, yang semuanya dapat membuat kendaraan lebih cepat rusak dan menyebabkan Anda kehilangan profit perusahaan dalam jangka panjang.

  1. Predictive Maintenance

Teknologi ini akan membantu Anda dalam perawatan kendaraan yang lebih baik. System ini akan secara otomatis memberikan alarm yang mengingatkan kapan waktu maintenance kendaraan harus dilakukan, seperti service berkala, waktunya ganti oli, dan peremajaan spare part lainnya. Dampak positif yang Anda dapatkan adalah dapat memperpanjang umur kendaraan.

——————————–

Bagi anda pemilik bisnis yang menggunakan banyak armada kendaraan dalam operasional bisnis, menginvestasikan Fleet Management System akan sepadan dengan potensial benefit yang akan di dapatkan. Selain memudahkan Fleet Manager dalam mengatur seluruh operasional armada anda, penggunaan Fleet Manegement System mampu meningkatkan produktifitas dan keamanan. Sehingga berdampak pada penghematan yang membuat profit bisnis anda menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + ten =

Previous

Solusi System Untuk Keamanan Laut Indonesia

Next

Internet di Laut

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO