E-log Book Memberikan Informasi Hasil Tangkap Live Dari Laut

Sumber daya kelautan yang besar di Indonesia seharusnya memberikan dampak ekonomi yang besar juga, baik untuk negara maupun pelaku industri perikanan khususnya perikanan tangkap (nelayan). Namun, minimnya penggunaan teknologi informasi dalam industri perikanan tangkap melemahkan kemampuan para pelakunya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Pemerintah juga kesulitan membuat kebijakan untuk mengendalikan sumber daya kelautan.

 

Tantangan:
Mahalnya teknologi informasi yang ada saat ini hanya bisa dinikmati oleh segelintir pelaku usaha, sehingga terjadi kesenjangan hasil tangkap yang besar dan monopoli terhadap penentuan harga pasar.

 

Solusi:
Menyediakan jembatan komunikasi dari laut ke darat dan sebaliknya berbiaya murah dan mudah digunakan.

 

Dampak positif:
Dengan keterbukaan informasi, pelaku usaha dapat melakukan analisa untuk penangkapan yang maksimal. Pemerintah sebagai regulator akan memiliki informasi yang cukup untuk membuat kebijakan. Dengan demikian pelaku industri sejahtera dan sumber daya kelautan dapat terjaga dengan baik.

Fishing Trawler

Ajukan Pertanyaan?

Tantangan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas laut yang besar dan pulau terbanyak, sehingga memiliki sumber kekayaan ikan yang melimpah. Hasil tangkap ikan seringkali menimbulkan kesenjangan diantara pelaku industri perikanan. Yang menjadi masalah besar adalah mahalnya sistem teknologi informasi yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir pelaku usaha dengan modal besar.

Monopoli harga sering terjadi di industri perikanan tangkap. Pemerintah juga kesulitan untuk membuat harga pokok karena minimnya informasi supply dan demand yang terjadi di pasar.

Solusi

Pernika secara sadar menangkap serius masalah ini harus segera diselesaikan dengan mengembangkan teknologi yang ramah kantong, namun tepat guna bagi industri perikanan. Untuk mendapatkan segala informasi dari hulu ke hilir untuk semua pihak, dibutuhkan sitem komunikasi yang dapat diandalkan ditengah kerasnya iklim laut.

Teknologi komunikasi yang dikembangkan oleh Pernika, secara komprehensif mampu memberikan keuntungan maksimal bagi pelaku usaha perikanan secara merata. Dengan adanya teknologi ini, seluruh informasi dapat diterima di seluruh kalangan industri perikanan. Sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara pelaku usaha perikanan baik yang bermodal besar maupun kecil.

Dampak Positif

Keterbukaan informasi yang timbul akibat lancarnya komunikasi antar pihak, membuat kestabilan di berbagai lini bisnis perikanan, mulai dari pemerintah sebagai regulator, nelayan, hingga pembeli hasil tangkap ikan. Data lengkap yang tersaji akan memudahkan dalam pengambilan keputusan guna menentukan harga jual ikan yang seragam.

Keuntungan yang didapat dari berjalannya sistem ini akan membuat kesejahteraan secara merata bagi seluruh pelaku industri perikanan. Menjaga supply dan demand juga menjadi keuntungan tersendiri untuk mencegah ketidak stabilan harga. Hal ini juga berdampak pada kelestarian sumber daya laut agar tetap terjaga dengan baik.

Contact Our Sales Specialist

Kami akan merespon Anda dengan segera

    Keranjang Belanja
    Scroll to Top