Pernika

Apa itu Internet of Things?

Di era industri 4.0 dunia teknologi berkembang semakin pesat seperti Internet of Things atau biasa disebut IOT, merupakan konsep mentransfer data dari objek satu ke objek lainnya melalui jaringan internet tanpa membutuhkan intervensi manusia. IoT sering dikaitakan dengan RFID untuk berkomunikasi, yang dapat dihubungkan dengan teknologi sensor lain, seperti teknologi nirkabel maupun kode QR. Smart Car atau mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa adanya pengendara manusia, saklar listrik yang mampu menyala dan mati secara otamatis, dan masih banyak lagi teknologi canggih seperti yang sering kita lihat di film film merupakan hasil dari teknologi Internet of Things.

Cara Kerja IoT

Bagaimana Internet of Things bekerja? IoT bekerja dengan suatu perintah bahasa pemrograman, tiap perintah tersebut bisa menghasilkan suatu interaksi antar mesin yang telah terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan tanpa terbatas jarak berapapun jauhnya. Internet di sini menjadi penghubung antara kedua interaksi mesin tersebut. Lalu di mana campur tangan manusia? Manusia dalam IoT tugasnya hanyalah menjadi pengatur dan pengawas dari mesin-mesin yang bekerja secara langsung tersebut.

Adapun tantangan terbesar yang bisa menjadi hambatan dalam mengkonfigurasi IoT adalah bagaimana menyusun jaringan komunikasinya sendiri. Mengapa itu menjadi sulit dan problematik? Ini sebenarnya dikarenakan jaringannya sangatlah kompleks. Selain itu, IoT juga sesungguhnya sangat perlu suatu sistem keamanan yang cukup ketat. Disamping masalah tersebut, biaya pengembangan IoT yang mahal juga sering menjadi penyebab kegagalannya. Ujung-ujungnya, pembuatan dan pengembangannya bisa berakhir gagal produksi.

Pernika merupakan perusahaan IoT yang mampu memenuhi kebutuhan solusi IoT anda. Jaringan internet yang kami gunakan bukan hanya jaringan teresterial tapi kami juga menggunakan jaringan internet satelit. Dengan demikian anda dapat menghubungkan objek atau mesin dimana saja tanpa terbatas jarak meski berada didaerah remote area. Anda dapat menghubungi tim development kami untuk menceritakan kebutuhan anda dan kami akan memberikan solusi terbaik untuk membantu bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 17 =

Previous

Telepon Satelit untuk Pelayaran

You are here

Data IoT

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO