Pernika

Alat Komunikasi Darurat Hadapi Lockdown Corona

Wabah Virus corona atau yang di sebut dengan covid-19 kian menyebar. Banyak sektor bisnis mengalami kerugian yang cukup signifikan akibat ulah covid-19. Pemerintah Indonesia menganjurkan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah guna mengurangi dan menekan penyebaran virus corona. Berkurangnya aktifitas penduduk mengakibatkan dampak buruk bagi perekonomian di Indonesia. Para pelaku bisnis tepaksa tidak bisa menjalankan usahanya secara maximal. Jika hal ini tidak secepatnya diatasi, dikawatirkan akan terjadi krisis global.

Arab Saudi yang sudah lebih dahulu terdampak Covid-19, menerapkan sistem lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona yang meresahkan semua negara ini, Mekkah yang biasanya dipenuhi jamaah dari berbagai negara terpaksa di tutup. Kondisi ini akan berdampak terhadap bisnis yang berhubungan dengan haji dan umroh. Kekecewaan calon jamaah haji yang sudah merencanakan ibadahnya dari jauh jauh hari tidak bisa di hindari. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang dialami pelaku bisnis di bidang umroh dan haji tersebut. Demikian halnya untuk berpergian keluar negeri saat ini juga semakin diperketat. Otomatis bisnis pariwisatapun terpaksa terkena imbas dari ulah covid-19 ini. Bisnis biro perjalanan juga tak luput dari dampak wabah yang sangat merugikan ini.

Satellite NASA melalui citra satelit melansir bahwa hampir 100% udara di China bersih saat wabah ini merajalela. Ini akibat berhentinya aktifivitas pabrik manufaktur yang menjadi jantung perekonomian negara tersebut. Mengingat China merupakan negara yang memiliki hasil produksi yang di export ke berbagai negara termasuk Indonesia. Kelangkaan produk yang beredar dipasaran akan menimbulkan harga yang tidak stabil. Untuk melakukan import dan export pun juga terganggu dan tidak secepat biasanya.

Banyak negara dan wilayah yang menerapkan sistem lockdown untuk mencegah penularan yang lebih massive dari virus ini. Tapi ternyata banyak masyarakat yang merespon dengan tidak dewas. Mereka melakukan Panic buying bahan makanan yang membuat banyak pihak yang lebih membutuhkan malah tidak kebagian bahan makanan.

Saat ini Eropa sudah menjadi pusat penyebaran virus Corona, ini menyebabkan semua aktivitas siaran olahraga sepakbola yang menjadi andalan negara negara eropa harus dihentikan. Ini berdampak besar bagi pamasukan bagi tiap klub sepakbola, sementara mereka harus tetap meng-gaji para pemain sepakbola yang jumlahnya fantastis. Aktivitas penjualan tiket yang biasanya dapat meraup keuntungan besar terpaksa ikut berhenti.

Di era komunikasi yang serba mudah ini berita hoax menyebar kemana-mana tanpa mampu dikendalikan yang menimbulkan keresahan masyarakat. Jika hal ini tetap terjadi, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan membatasi komunikasi demi menjaga kondisi yang lebih kondusif. Dampaknya akan sangat merugikan jika komunikasi dibatasi mengingat banyak perusahaan yang menerapkan WFH ( Work From Home ).

Selain itu penggunaan jalur komunikasi akhir akhir ini sudah dipastikan mengalami trafik yang sangat tinggi dengan banyaknya pengguna yang bekerja dan belajar secara online. Perlu adanya backup perangkat komunikasi untuk berjaga jaga ketika kondisi tersebut terjadi, untuk menjaga komunikasi dan bisnis anda tetap berjalan.

Komunikasi dengan jaringan satelit akan sangat membantu kelancaran komunikasi anda. Jika sewaktu waktu komunikasi jaringan teresterial dibatasi, anda tetap dapat terhubung dengan keluarga, teman maupun partner bisnis anda. Telepon satelit, Internet Satelit dan Perangkat satelit lainnya akan sangat membantu dan menjaga komunikasi anda tetap terhubung di kondisi yang saat ini terjadi. Berikut ini produk produk yang mungkin anda perlukan untuk membantu anda di kondisi lockdown seperti saat ini.

Telepon Satelit

Telepon satelit bisa anda gunakan untuk menelepon ke mana saja dan dimana saja. Jika anda mengunci diri di daerah terpencil akibat virus corona. Didaerah terpencil kemungkinan signal gsm tidak menjangkau, ada baiknya anda membekali diri anda menggunakan telepon satelit yang mampu mengcover wilayah wilayah yang tidak ada signal GSM. ada banyak jenis telepon satelit yang bisa anda miliki, dengan pilihan provider iridium, turaya, dan inmarsat. untuk informasi detailnya anda dapat melihat disini

Internet Satelit

Pemerintah pernah memblokir akses internet untuk sosial media karena berita hoax yang menyebar begitu luas dan cepat. Mengingat kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan penting dengan menggunkan internet satelit anda akan tetap terhubung meski pemerintah membatasi akses ke situs atau aplikasi tertentu. Internet satelit juga mampu bekerja di kondisi yang tidak ada jaringan gsm. Perangkat dengan versi portable bisa anda bawa kemanapun anda pergi, antara lain bgan, Thuraya IP+ , iridium go dan lain lain.

Personal Tracking

Bisa anda gunakan untuk memantau seseorang yang berada di tempat yang terpencil, seperti dihutan, laut ataupun digunung. Seseorang yang membawa perangkat ini mampu anda pantau posisinya. Misalkan anda memiliki team yang bekerja di daerah remote area anda dapat memantau posisi team anda untuk memastikan keselamatan dan misi berjalan lancar. Atau mungkin anda yang memiliki keluarga yang jauh dari lokasi anda sekarang, dikonsisi lockdown seperti sekarang untuk bertemu mereka mungkin tidak memungkinkan. Mereka dapat memantau posisi anda untuk membuat mereka merasa tenang dan anda dalam kondisi yang baik baik saja. Jenis perangkatnya antara lain Echo, HawkEye PT, HawkEye PT Plus dan HawkEye NS.

2 thoughts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =

Previous

AIS Base Station Sarana Pengatur Lalu Lintas di Laut

Next

Personal Emergency Device : Penting Tapi Sering diremehkan!

FREE AKTIVASI & INSTALASI

SPECIAL DOUBLE UP PROMO