Kenapa AIS Kapal Penting?

Pentingnya AIS membuat pemerintah mewajibkan setiap kapal dengan ukuran diatas 35GT yang berlayar di perairan indonesia terpasang ais. Kewajiban tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 7 Tahun 2019. Banyak pihak kurang setuju dengan peraturan tersebut dengan alasan kapal mereka sudah terpasang VMS (Vessel Monitoring System). Lantas apa alasan peraturan tersebut? Mari kita bahas lebih detail apa fungsi ais dan kenapa AIS diwajibkan sebelum anda memilih penjual ais kapal.

Mengenal AIS Kapal

Automatic Identification System (AIS) adalah sebuah sistem pelacakan otomatis digunakan pada kapal dan dengan pelayanan lalu lintas kapal (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya, BTS AIS, dan satelit.

Ketika satelit digunakan untuk mendeteksi tanda tangan AIS maka istilah Satellite-AIS (S-AIS) digunakan. Informasi AIS melengkapi radar laut, yang terus menjadi metode utama menghindari tabrakan untuk transportasi air.

Informasi yang disediakan oleh peralatan AIS, seperti identifikasi yang unik, posisi, arah dan kecepatan, dapat ditampilkan pada layar atau ECDIS. AIS dimaksudkan untuk membantu petugas watchstanding kapal dan memungkinkan otoritas maritim untuk melacak dan memantau pergerakan kapal. AIS mengintegrasikan VHF transceiver standar dengan positioning system seperti GPS atau penerima LORAN-C, dengan sensor navigasi elektronik lainnya, seperti girokompas atau tingkat indikator gilirannya. Kapal dilengkapi dengan pemancar-penerima AIS dan transponder dapat dilacak oleh BTS AIS terletak di sepanjang garis pantai atau, ketika keluar dari jangkauan jaringan terestrial, melalui semakin banyak satelit yang dilengkapi dengan penerima AIS khusus yang mampu deconflicting sejumlah besar tanda tangan.

Sumber wikipedia

Rekomendasi AIS dari

B100 em-trak adalah AIS yang sangat ringan namun berkinerja tinggi, AIS Kelas B yang ideal untuk kapal rekreasi yang berukuran kecil dan menengah. cocok bagi anda yang mencari transceiver AIS yang andal dan mudah dipasang, secara mulus mudah terhubung ke sistem tampilan atau APP.

B100 mungkin berukuran kecil, tetapi ditenagai oleh mesin transceiver AIS yang canggih dengan teknologi HF-AIS yang memberdayakannya kinerja pemrosesan AIS yang unggul: ini berarti Anda melihat lebih banyak target dan informasi pada kisaran yang lebih besar dengan konsistensi dan jangkauan yang lebih luas.

B100 memili slot kartu memori SD yang memungkinkan perekaman sederhana semua data perjalanan waktu untuk transfer dan dapat digunakan untuk keperluan diberbagai aplikasi serta catatan perjalanan Anda yang akurat. Instalasi dan konektivitas menggunakan NMEA0183 dan NMEA2000. 

Kinerja yang handal dengan  harga terjangkau. Ideal untuk pelaut yang mencari AIS yang hebat, dengan harga terjangkau dan mudah dipasang.

emtrak

B100 AIS CLASS B

jual AIS kapal class b100
jual AIS kapal class b300
emtrak

B300 AIS CLASS B

B300 em-trak adalah AIS Kelas B yang kecil dan kokoh yang ideal untuk kapal komersial dan rekreasi. AIS Kelas B yang kuat dan andal yang terhubung dengan mulus kesistem tampilan, atau APP apa pun.

B300 mungkin berukuran kecil tetapi ditenagai oleh mesin transceiver AIS yang canggih dengan teknologi HF-AIS yang memberdayakannya dengan kinerja yang unggul: ini berarti Anda melihat lebih banyak target dan informasi pada jangkauan yang lebih besar.

B300 kokoh dan benar-benar tahan air dan tahan cuaca dengan konsumsi daya rendah dari AIS Kelas B yang ada di pasaran. Disertai GPS kinerja tinggi yang sudah berada didalamnya. Jadi untuk instalasi tidak diperlukan antena GPS eksternal.

Jika Anda mencari transceiver AIS tangguh yang akan membuat Anda tetap aman, kompatibel dengan semua aplikasi navigasi Anda, memiliki konsumsi daya terendah dan kinerja terbaik, maka B300 adalah pilihan ideal untuk Anda

B400 em-trak adalah AIS class B bertenaga tinggi, bersertifikat, canggih, yang ideal untuk kapal komersial dan pelaut laut lepas pantai yang menuntut kinerja, fungsi, dan keandalan terbaik.

Sebagai AIS class B bertenaga tinggi, B400 mentransmisikan lebih dari dua kali kekuatan standar AIS yang memberi Anda jangkauan yang lebih luas, serta mentransmisikan hingga tiga kali lebih sering menggunakan metode transmisi SOTDMA prioritas. Kinerja lebih di area sibuk atau saat visibilitas rendah.

Layar warna beresolusi tinggi menyediakan tampilan bagan elektronik lengkap (C-MAP) dengan overlay target AIS, dengan sejumlah fungsi canggih termasuk peringatan dan manajemen MOB / SART, peringatan jarak kapal terdekat, cuaca, peringatan navigasi, pengiriman pesan dan lain lain. Konektivitas cerdas yang dilengkapi WiFi, berarti Anda dapat menghubungkan dan mentransfer atau berbagi data dengan MFD, plotter plotter, PC atau APP.

B400 ini kokoh, tahan goncangan dan getaran serta tahan terhadap air dan cuaca dengan antarmuka pengguna profesional, jenis tombol  yang saat pengoperasian mudah dan handal dalam kondisi basah atau dengan sarung tangan. B400 adalah AIS Kelas B terbaik bagi mereka yang menginginkan kinerja terbaik dan fungsionalitas.

emtrak

B400 AIS CLASS B

jual AIS kapal class b400
jual AIS kapal class b
Cakrawala

Cakrawala Armada

Cakrawala Armada merupakan perangkat tracking kapal yang dilengkapi dengan modul data akuisisi, dimana data di dapat dari sensor yang terdapat pada kapal kemudian di kirim melalui perangkat Cakrawala Armada.

Salah satu data yang dapat di ambil dan di tampilkan adalah data AIS. Sehingga menjadikan Cakrawala Armada menjadi perangkat VMS + AIS pertama yang kami rilis untuk memenuhi keinginan para pemilik kapal.

Dengan melengkapi tracking kapal (VMS) + data AIS, membuat pemilik kapal mengetahui situasi kapal sekitar yang berdekatan dengan kapal yang dimilikinya. Hal ini sangat berguna untuk mengidentifikasi adanya kegiatan ilegal transhipment yang dilakukan oleh awak kapal di tengah laut.

Kenapa Beli Di pernika ?

Selain produk yang berkualitas dan banyak pilihan, membeli AIS di pernika.com ada pilihan all in one service alias nggak pake ribet, tidak perlu khawatir soal pemasangan, teknisi kami siap memasang di lokasi kapal anda berada. AIS kapal dari pernika selain memiliki harga terjangkau juga memiliki kualitas yang handal, banyak pilihan sesuai kebutuhan kapal anda. AIS dari kami dapat di gabungkan dengan display perangkat yang ada di kapal anda seperti gps atau radar. Garansi 1 tahun jika perangkat yang kami jual rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya ( bukan human eror ). Bagi anda yang sibuk dan tidak sempat untuk mengurus surat untuk mendapatkan MMSI? tenang kami siap membantu anda untuk melakukan pendaftaran di departement perhubungan. Jika masih ada yang belum jelas anda dapat menghungi kami melalui live chat atau no whatsapp.

Scroll to Top